Cara Upgrade/Mengganti Memori Dan HardDisk Acer Aspire One 522 [DIY]


oke, setelah berpikir panjang.. :D
akhirnya saya memutuskan untuk mengupgrade memori (RAM).. :D
ini juga karena saya penasaran dengan informasi yang saya dapat di website Microsoft yang mengatakan bahwa memori limit pada Windows 7 32bit (selain versi Starter) adalah 4GB, dan setahu saya batas maksimum memori untuk OS 32bit adalah 3GB..
setelah berkeliling.. duh.. stok memori 4GB DDR3 kosong.. x.x
okelah, saya ambil yang 2GB saja.. XD
saya ambil Transcend SODIMM DDR3 1333 2GB CL9 2x8IC (bukan versi JetRAM)..
kenapa Transcend..? *INGAT INI BUKAN PROMOSI, SAMA SEKALI SAYA TIDAK DIBAYAR SIAPAPUN UNTUK INI !* alasannya : karena saya sudah kapok dengan merk” lokal..! lebih baik mahal sedikit tapi performa dan kualitas terjamin..! menurut saya, Transcend adalah standar minimum untuk merk yang saya rekomendasikan.. :D
beberapa merk yang dapat saya rekomendasikan : Transcend, AData, Corsair, Patriot, OCZ..
sejatinya saya ingin mencoba memori 4GB, tapi tak apalah, apa daya, yang ada hanya 2GB.. XD
eittsss.. tapi tunggu dulu, ternyata 2GB tidaklah mengecewakan, coba baca sampai akhir artikel ini.. ;D

1.pertama, siapkan alat, obeng – dan +. untuk obeng -, usahakan cari yang paling tipis.

obeng - , cari yang paling tipis
obeng – , cari yang paling tipis

2.jangan lupa, tiap kali membongkar alat elektronik, pastikan semua power sudah tercabut. selain itu, pelepasan baterai ini juga untuk membantu melepas keyboard nantinya.

lepas baterai
lepas baterai

3.untuk melepas keyboard, bantulah dengan sedikit menekan casing bagian atas keyboard kebelakang.

tekan sedikit ke-belakang
tekan sedikit ke-belakang

4.congkel..!!! ingat, lakukan perlahan! XD lakukan ini di sebelah pengait keyboard, dan cukup di 3 pengait bagian atas *tengah* keyboard saja. setelah ketiga pengait lepas, cukup ditarik dengan tangan, maka keyboard akan terlepas.

congkel perlahan
congkel perlahan

5.taa-da~! keyboard terlepas. hati-hati, karena pengait bagian bawah keyboard agak panjang, dan akan bengkok bila tidak dikeluarkan. dan juga hati-hati dengan kabel keyboard, jangan dilepas atau ditarik, mudah sobek!

angkat keyboard
angkat keyboard

6.perhatikan 4 sekrup yang ada di bawah keyboard, 4 sekrup yang berkode angka 1. keempat sekrup inilah yang harus kita buka untuk membuka panel bagian bawah.

4 sekrup utama
4 sekrup utama

7.setelah keempat sekrup dilepas, carilah lubang yang bertuliskan angka 2, di bagian kanan bawah.

tombol rahasia
tombol rahasia

8.tekanlah lubang tersebut kebawah menggunakan obeng, tekan dengan agak kuat namun jangan terlalu kuat. lubang tersebut adalah bagian dalam panel bawah yang akan terlepas bila ditekan.

tekan kebawah
tekan kebawah

9.seperti inilah panel bawah setelah ditekan.

taa-da~ terbuka~!
taa-da~ terbuka~!

10.kemudian lepas perlahan dari bagian depan, ke bagian samping, kemudian ke bagian belakang panel, menggunakan jari anda.

lepas perlahan-lahan
lepas perlahan-lahan

11.taa-da~! terbuka sudah panel bagian bawah.

taa-da~ terbuka~! *semua*
taa-da~ terbuka~! *semua*

12.sekarang saatnya tujuan utama kita, melepas memori. gunakan 2 jari anda untuk membuka pengait memori secara bersamaan. tekan kesamping kedua pengait memori secara bersamaan.

lepas pengait memori
lepas pengait memori

13.dan memori-pun akan terangkat dengan sendirinya. tinggal menarik memori keatas untuk mengeluarkannya.

memori terangkat
memori terangkat

14.ini adalah memori OEM Acer. saya tidak pernah melihat memori jenis ini sebelumnya, bertuliskan ELPIDA CHN di IC memori, dan dapat dipastikan buatan China dengan kode CHN itu. XD padahal biasanya Acer menggunakan Hynix (Hyundai) atau Samsung untuk memori OEM mereka. entah mungkin untuk benar-benar memangkas harga netbook ini mungkin. XD

memori OEM
memori OEM

15.ini dia memori pengganti.

memori pengganti
memori pengganti

16.pasang dengan langkah mundur dari langkah pelepasan memori tadi. pastikan pin telah masuk sempurna pada slot memori sebelum menekannya ke bawah.

masukkan memori pengganti
masukkan memori pengganti

17.tekan memori ke bawah untuk menguncinya ke pengait memori.

memori terpasang
memori terpasang

18.berikutnya adalah penggantian harddisk. namun karena saya tidak berniat mengganti harddisk saya, maka saya berikan caranya saja untuk mengganti harddisk. pertama, buka sekrup harddisk dahulu, sekrupnya hanya satu, karena yang satunya telah ikut terlepas dengan panel bawah (menyatu dengan sekrup panel bawah).

sekrup tambahan harddisk
sekrup tambahan harddisk

19.angkat ke atas plastik penarik harddisk dengan menggunakan obeng.

plastik penarik harddisk
plastik penarik harddisk

20.setelah itu, tarik plastik tadi ke samping. setelah tertarik ke samping, tariklah ke atas untuk mengangkat harddisk keluar.

tarik kesamping
tarik kesamping

21.inilah harddisk OEM, Hitachi 320GB. cara mengembalikan harddisk? sama, langkah mundur dari pelepasan harddisk tadi! :D

harddisk OEM
harddisk OEM

22.inilah APU (Accelerated Processing Unit *Processor, VGA, dan Memory Controller yang menyatu dalam satu keping*) AMD Fusion, beserta heatsink dan fan-nya.

fan dan heatsink APU
fan dan heatsink APU

23.model heatsink yang super mini dan simpel.

heatsink super mini dan simpel
heatsink super mini dan simpel

24.inilah fan yang tampak dari bagian bawah keyboard *atas*.

fan tampak atas
fan tampak atas

25.jika sudah puas melihat-lihatnya, mari kita tutup kembali panel bawah. lakukan mulai dari bagian bawah (dekat baterai) terlebih dahulu, kemudian ke bagian samping, dan terakhir bagian atas. lakukan dengan menekan bagian tepi-nya.

tutup kembali panel bawah
tutup kembali panel bawah

26.pastikan tertutup sempurna!

pastikan tertutup sempurna
pastikan tertutup sempurna

27.jika sudah, pasang kembali keempat sekrup panel bawah yang dilepas tadi. kemudian pasang keyboard, dimulai dengan memasukkan pengait bagian bawah keyboard, kemudian untuk bagian samping dan atas keyboard cukup ditekan saja sampai bunyi klik. SELESAI…

pasang keyboard
pasang keyboard

28.taa-da~! memori terdeteksi 2GB, dipotong 256MB untuk memori VGA.

2GB--
2GB–

29.ada ‘sedikit’ peningkatan pada Windows Experience Index.

sedikit peningkatan performa
sedikit peningkatan performa

30.dan inilah mengapa saya tidak terlalu kecewa dengan 2GB..! saya bisa membuka Adobe Photoshop CS5 dengan beberapa gambar, VLC dengan memutar video HD, Firefox 4.0 dengan beberapa tab, Microsoft Word 2007, iTunes, Yahoo Messenger, SECARA BERSAMAAN..! jangan lupa saya juga menggunakan Kaspersky Internet Security 2011.. dan masih tersisa memori FREE sekitar 375MB..!

WoooW..
WoooW..

namun…
tetap saja ada kekecewaan, saya tetap penasaran dengan 4GB, apakah bisa dipakai full atau hanya 3GB..
juga dengan pemotongan memori VGA, apakah *kalau* 3GB, dipotong dari 3GB (usable) atau dari 1GB yang tidak terpakai..
nanti deh saya cari 4GB lagi..
hahahahah..~
XD

 

82 responses to “Cara Upgrade/Mengganti Memori Dan HardDisk Acer Aspire One 522 [DIY]

  • Bagus

    wah mantap gan infonya…!
    mau tanya harga ram yg 2gb n 4 gb itu berapa y?
    trus klo mnt dipasangindi acer SC kena biaya brp y…

    thx pencerahannya…. :)

  • sGun

    thanks juga.. :)

    harga tergantung merk-nya sih, kalau 2GB berkisar 180-240ribu, kalau 4GB berkisar 360-450ribu..
    kalau ini Transcend yang saya beli 230ribu..
    saran saya tetep sama, jangan beli yang terlalu murah/merk lokal.. XD

    kabar yang saya dapat dari toko yang jual laptop ini sih untuk ongkos pasang di SC Acer Resmi sekitar 100-150ribu, tapi kalo minta tolong sama toko itu gratis, karena saya beli netbooknya di dia.. :)

    kalo saya sih, mending bongkar sendiri.. itung” tambah pengalaman.. :D

  • prayogi2k

    Setuju gan! Kalo upgrade sendiri lebih maknyus. Ane pake Kingston PC10600 2GB KVR1333D3S9/2GB cocok juga. Cuma satu resiko aja, segel garansi sobek, jadi warranty void.

  • sGun

    iya sih segel garansi sobek, tapi lihat deh di gambar 26, bisa kembali lagi seperti utuh koq… :D

  • prayogi2k

    hehe ya gan bisa, ane juga masih utuh, dilepas dulu pelan2 pake cutter, tempel lagi :D

  • prayogi2k

    Oh ya tambahan,AO522 bisa pakai 4GB ddr3, dan terbaca full, asalkan pakai Windows 7 64bit jangan yang 32bit.

  • febriy

    repot juga ya kalo acer……. perlu pembedahan……. :D

  • sGun

    coba cek lagi di webnya Microsoft, disitu kalau tidak salah kok tidak dicantumkan 64/32 bit.. XD

    tidak semua acer seperti ini, mungkin ini salah satu strategi untuk menghemat ruang agar netbook tetap ringan dan tipis.. :)

  • pasya

    bro nice info banget nih,ane juga lagi mau upgrade memory cuma bingung aja mau pake 4gb apa 2gb soalnya ane liat di youtube bisa pake 4gb tapi pake ya corsair seharga 430 :hammer

    oia bro suhu ya panas gak???
    ane pake ni netbook tes cpu ya pake coretemp rata-rata suhu ya sampe 50-60 stabil lagi :hammer

  • indra yudha

    ane juga mo upgrade ram buat ao522, tapi bingun mo di kasih merek apa takut ga support/error….
    mohon infonya para master semua….thanx

  • sGun

    sebenernya merk apa aja kapasitasnya ya sama aja..
    kembali lagi tergantung anda lebih percaya sama merk apa, kalau saya sih tidak sarankan merk lokal..
    untuk Corsair di Indonesia harganya jauh lebih mahal deh..

  • Aditya

    Wah..makasi semua atas infonya..jadi yakin nich mau ambil ao 522..sebelumnya sich ada yg nggembosin niat ini..ada yg bilang klu ao 522 ini sering hang ato mati sendiri…mau nanya gan..bisa tahan brapa lama nich batre nya..makasih gan

  • sGun

    kalau baterai sih tergantung pemakaian, seperti : wifi, aplikasi yang dijalankan, perangkat usb yang dicolokkan, dll..
    kemarin sih sempet nyoba buat ngetik” aja bisa lebih dari 5 jam koq.. :D dalam keadaan wifi nyala, tapi hanya standby..

    kalau soal hang : itu tergantung pemakaian dia sendiri, dalam arti OS apa yang dia gunakan, aplikasi apa yang dia gunakan, kompatibel dengan OSnya tidak, driver yang digunakan cocok tidak (XP), dll.. artinya hang atau tidaknya tidak ditentukan dari sisi hardwarenya..
    kalau mati sendiri : mungkin bisa terjadi overheating karena penggunaannya di tempat yang salah, misal diatas kasur.. sejauh ini punya saya hanya sekali mengalami mati sendiri, yaitu saat PLN mati dan saya sedang tidak memakai baterai.. XD hahahah…

  • blitarputra

    udah upgrade menjadi 2gb , d bios dah terbaca 2gb jg , tp knapa hanya usable 1gb?

  • sGun

    hmm.. anda menggunakan OS apa..?
    kalau Windows Starter Basic, memang maksimum hanya dapat terbaca 1GB.. :)

  • blitarputra

    jadi , seharusnya pakek os apa ? win7 ultimate ?

  • sGun

    selain Windows 7 Starter Basic, karena memang dari Microsoft membatasi demikian untuk Windows 7 Starter Basic.. :)

  • Eka Pratama Saputra

    artikel ini nih yg bkin ane penasaran jd pengen upgrade sendiri RAM di ao522 ane.. hahahahaha…
    sukses gan, ane upgrade jd 2gb :)

  • ujungnusantara

    karena prosesornya AMD, seri 522 ini g tahan panas, sy udah dapat kasus, seri 522 ini sering tiba2 mati. kalo dipegang bagian bawah sisi kiri dekat lobang keluaran angin headsink panas nya tidak wajar…
    ada yang pernah dapat kasus serupa ?? mohon share ya? atau jangan2 hanya kasus satu ini saja?? tx…

  • Vito Bramantyo

    om kalo mau ganti HDD maks sampe berapa GB yah ?, kl mau ganti pake SSD bisa juga ga ?
    kl bisa, spesifikasi HDD/SSD nya yg gimana ?, thanks om

  • lastmini

    matur nuwun om info nxa manfaat bgt lah…..trus gmn om setelah di ganti performa nya,mantep gk om he he he

  • sGun

    maaf saya baru bisa buka blog.. XD
    habis merantau.. XD
    hahahah..

    @eka : congrats..!
    @ujung : secara teori, dimana” semua jenis notebook kalo ditutup lubang vent-nya bakal overheat dan mati sendiri.. sedangkan untuk AO522 mungkin karena lubangnya lebih kecil, jadi lebih sensitif.. :D tapi sejauh ini punya saya tidak pernah mati sendiri kok, karena ketika AMD C50 overheat, dia akan menurunkan frekuensi clock-speednya secara otomatis untuk menghindari overheat..
    @vito : berapa aja gan..!
    @lastmini : pastinya meningkat donk.. :D

  • N

    Mas, q jg pengen ne upgrade ram, so krn sring pake PC, prasaan ne netbok lemot bngt, skrg q pake wndows 7 ultimd, trus kalo upgrde jd 2gb atw 3gb bgusan pake ap? N cpt ga bootingnya?

  • faiz

    makasih gan…..besok2 mo dicoba nih….

  • ajiz

    Gan, Laptop Acer 4730ZG ane dah berapa hari ni di sebalah kiri panasnya berlebihan bahkan sampai colokan u/ usb-nya pun ikut panas, knpa ya gan?……mau d buka gak tau cara bukanya….
    help me plisss…..

  • Eko mega

    Numpang tanya gan….^^”
    Kalau AO531h-1Db, memory bisa di upgrade ke 4gb Ъќ yaa??
    Kira2 aman Ъќ yaa..??
    Trus apa juga harus pindah dari 32bit ke 64bit? Krn ad yg bilang 32 bit hanya mampu membaca memori 2gb?
    Mohon pencerahannya…
    Ʈ♓ªƞƘ ♧ ƔoƱ

  • Arief

    Sbenerx jumlah slot memory ddr3 di aspire N522 tuh ber??
    klo cuman 1 kan sayang memory OEM Acerx gk kepake, lgian 1gb bwaan acer masih di bawah performa

  • Arief

    Klw Masalh Over Heat hingga megakibatkan mati ndiri pada Ao 522 kayakx ngak deh, ku udah pnah nyoba …
    Di bandingkan Atom spertix lebih panas Atom, lagian proc Jenis C-50 yg di gunakan telah mengadopsi Teknolgi terbaru AMD .bdsarkan pglaman masa lalu mereka yaitu : Over Heating….
    Klaw Masalah Ketahanan Battry, Lumayan Lama n Puassssss proc yg di gunakan mengomsumsi daya 9 watt..
    Cuman masalah memoryx tlalu standar. cuman 1 Gb perlu di Upgrade Min 2 Gb Udah Kompatible……
    Dibandingkan Atom Kemampuan Grafis lebih Cihuyyyyyyy…..

  • david

    waahh bermanfaat bgt nih infonya,,
    kbetulan aku jg mw upgrade RAM,,
    tengkyu yaa :)

  • rezabukan

    gan mw nanya. . .mang nya klo di kasur ga boleh ya,mang nya kenapa gitu????trus dimana aja tempat yg bgus buat taro nya ?????

  • Hendra

    gan mau nanya..dulu waktu ganti ram pake yang PC brapa ya?
    PC 8500 atau PC 10600 atau malah PC 12800?
    mohon info nya gan.. Thx

  • pakdhe

    @rezabukan: Ga boleh karena panas yang keluar akan terhalang..

    Coba aja bandingkan sendiri, mana yang cepat panas antara di kasur ama di lantai…

    Kalo menggunakan laptop usahakan di tempat sejuk maksimal suhu kamar..

  • riznan

    mau nanya nih gan…ane juga pake ao522..tapi yg c-60…
    ane masang ram 4gb corsair…tapi yg kebaca cuman 2gb di usable (properties computer)…itu kira” knpa ya gan??
    mohon pencerahannya

  • Debby Setianto

    maaf mau tanya hard disc internal buat notebook acer aspire one 522 belinya dmn y? mksh.

  • Aaw Azz

    ane udah nurutin mua langkahnya koq ao522 ane gk bisa booting ya?
    pas ane balikin ram bwaannya tetap gk mo booting jg gan, pencerahannya donk.

  • vinno44@gmail.com

    mau nanya ni gan..
    gimana kalau AO532H di tambah ram nya jd 2/4gb..
    apa ngaruh sama kecepatannya?

    processor ane intel atom 1,66 Ghz.
    ram ane 1gb..

    masalah yg ane temui di net ane, kalau lg browsing yg ada flashnya sering bnget hank…

  • sGun

    replied via Twitter.. :)

  • suryabn

    @sGun: saya sudah test Transcend 4GB di netb sejenis merek luar model terbaru, hasilnya hanya dapat 3,1GB. O/S Linux pae (physical address execution).

  • echu

    makasih banget gan infonya…
    buat AOD270 sama gak cara bukanya???

  • adhie

    mas/pak.AO522 saya wifi nya mati :(
    pencet fn+f3 juga ga mau nyala…
    pas dicoba install drivernya, ada pesen “card nya unplug dan ga kedetek”, kayanya gara dibawa di tas di motor :(
    punya solusi ga?
    atau kira2 kalo ganti kena berapa ya?
    thanx :)

  • sGun

    @adhie : coba cek di network adapter properties, biasanya bisa juga ga sengaja ke-disabled..
    @echu : AOD270 Intel kan yah..? wah kalo itu saya belum pernah bongkar.. mungkin sih mirip”.. XD
    @suryabn : iya, itu kan 32bit ya kan?

  • dodi

    gan, speaker ao522 saya sering aneh…
    suaranya sering hilang sendiri.
    lagi setel musik tiba2 ga keluar suara gitu padahal di speaker menunjukan masih naik turun tuh panel speakernya…

    agan pake driver sound apa?
    mohon bantuannya

  • sGun

    install aja driver bawaannya, nanti akan keinstall 2 macam : AMD High Definition Audio Device dan Conexant High Definition Audio.

  • b163bo

    Ane uda pake ao 522 uda 2 taon.. sumpah.. rada nyesel sih pake ini.. tapi mau ga mau.. uda ane beli.. kenapa ane nyesel.. karena ane dapet barangnya kurang bagus.. pemakaian 1 tahun pertama.. ga ada masalah..

    masuk taon ke 2.. hdd ane rusak total.. mening kl bad sectornya dikit.. pas ane cek.. gila banyak bgt bad sectornya.. gw buka.. gw liat mereknya wd.. trus gw tanya kata orang toko sih.. kl hdd internal jgn pilih wd.. karena kurang bagus..

    ane ganti hddnya pakai toshiba 320Gb.. kena 540ribu.. lumayan mahal jg sih.. tp lumayan sih.. ampe sekarang lom ada masalah..

    uda gitu dr pertama beli.. setiap ane mau netbooknya.. harus pasang cooling pad… kl kepanasan layar ane mendadak muncul garis.. padahal waktu beli.. ane sempet service langsung ke acernya.. tp sampai detik ini masih seperti itu.. jadi solusinya mau ga mau harus pakai cooling pad…

    n hari ini ane baru naikin memory ramnya.. karena ane pakai win 7 home basic.. n kl buka games di fb.. lemot bgt.. tadinya ane uda coba test pakai 4Gb.. mang cepet sih.. tp ane takut jebol socket memorynya.. karena yg ane tau standar nya 2Gb.. akhirnya ane beli 2Gb DDR3 merek Vgen harganya 120ribu.. kl yg 4Gb Vgen harganya 220ribu..

    setelah ane ganti Hdd n Memory.. walaupun garis di layar kl panas masih suka nimbul.. tp ane skrg uda sayang ma netbook nya.. n ga jadi dijual.. hehehe.. ^_^v

    sorry gan.. cerita ane panjang.. ini dari perasaan kesel sampai bahagia.. hehehehe.. ^_^v

  • sGun

    uhmm..
    wah kebalikan sama saya nih..
    kalo saya puas banget pake nih netbook..
    kenapa? ya, karena harga VS performa yang cukup mumpuni.. :D
    1.netbook ini sudah memakai teknologi APU, dimana kita bisa dapat performa jauh lebih baik dengan clock speed 1GHz dibandingkan dengan Intel yang clock speednya lebih tinggi, selain itu include juga GPU ATI Radeon yang sudah bisa memutar video 1080p dengan smooth dan HDMI out yang tidak dimiliki netbook Intel Atom saat itu.
    2.layar 1280×720 LED, pada saat itu ini adalah layar 10″ ter-jernih yang ada di jajaran kelas netbook.
    3.harga yang tidak sampai 2,5jt dibandingkan dengan netbook Intel Atom yang rata” berada di kisaran 3,5jt saat itu.

    kalau soal HDD, sepertinya yang saya tahu, WDC (Western Digital) adalah harddisk terbaik yang pernah saya pakai selama ini.. saya punya 1 Seagate, 1 Hitachi, 3 WDC.. sayangnya yang Hitachi sudah jebol.. yang Seagate sudah soak, suaranya kenceng banget, dan WDC masih baik” saja sampai saat ini.. :D

    saya pakai netbook ini tanpa cooling pad tidak ada masalah kok..
    kalo masalah layar bergaris, sudah coba ini? : http://s9un.wordpress.com/2011/05/18/masalah-flicker-bergaris-pada-layar-lcd-acer-aspire-one-522/

    memori, saya sendiri pakai Win 7 Ultimate 32 Bit dengan RAM 2 GB.
    kalau memang mau upgrade ke 4 GB, lebih baik ganti ke Win 7 yang 64 Bit, kalau tetap pakai yang 32 Bit tidak akan ada bedanya meskipun diupgrade ke 4 GB.. ;P
    satu lagi, kalau upgrade lebih baik jangan pakai ‘brand lokal’.. hahah..

    thanks for sharing.. :)

  • b163bo

    Waktu kemaren ane share sama toko pc.. dia blg kl untuk internal jgn pk wd.. tp kl external boleh.. krn wd lebih bagus yang external.. kl internal pake aja seagate atau ga toshiba..
    n ane sempet beli HDD external merk Simbadda.. tp ternyata dalemnya merk toshiba.. lumayan lah.. 540rb utk 320Gb.. lebih murah dari seagate..

    btw thanx ya ilmunya.. bermanfaat bgt buat ane.. ^_^v

  • faster

    Gan mau nanya nih. . . . :-)
    Saya pnya Acer D255

    Setiap kali pengoperasian, suhu notebook y ampe 50-60.
    dan itu bsa dirasa dari lobang dekat VGA t.

    Jd mau saran dong . . .
    cara untuk mengatasi hal tersebut gmn y :-)

  • sGun

    pake cooling pad..!
    tapi kalo 50-60 sih saya rasa wajar..

  • Martin Ade

    kira2 merk ram yg cocok buat ao 522 apa gan?? yg 2gb… harga berapa gan kira2 skarang??

  • Dimas Aditya Nugraha

    @Martin Ade
    kemarin ane ganti ram 2GB corsair value select (CVS) CMSO2GX3M1A1333C9 harga 150k kalo yg 4GB 250k.
    berhubung maren budget pas-pasan ane beli yg 2gb aje.
    itu udah kompatible kok.
    oh iya untuk harga maren ane tanya CVS sama KVR sama aje harganya.

  • b163bo

    @dimas.. kemaren ane cari corsair ga ada.. yg ada malah vgen.. mau ga mau pake vgen.. 2Gb 120rb.. 4Gb 220rb.. beda dikit harganya ma corsair.. tp kl untuk corsair.. garansinya seumur hidup ga??

  • Dimas Aditya Nugraha

    @b163bo anda area mana? ane di palembang udah keliling harga pasaran corsair di sini yg CVS sih segitu. untuk garansi seperti kata agan sGun “Lifetime Warranty”

  • b163bo

    @dimas saya di jakarta.. biasanya sih cara di harco mangdu (pusatnya komputer).. tp kebetulan pas kmrn males jauh2.. beli yg deket rumah aja.. ternyata adanya Vgen.. ya uda saya beli.. saat ini sih lom ada keluhan sejak di upgrade memorynya.. lancar2 aja..

  • mirz4

    jumlat slot memory acer 522 y brapa BOSS

  • sGun

    semua netbook hanya punya 1 slot memori.. :D

  • Dimas Aditya Nugraha

    @b163bo
    kalo v-gen produk lokal tapi buat kualitas mah udah lumayan.
    tapi rata-rata buat ram value mau merk apa saja speed sama kualitasnya gak jauh beda.

  • sGun

    hmm..
    mungkin kalau sama” value, sama” pakai chip memori yang sama, yang membuat beda adalah QC vendor-nya..
    mereka berani jual harga lebih tinggi karena mereka berani menjamin hasil QC mereka lebih baik.. ;)

  • inank

    kang kalo colernya jelek trus mau di genti gmana cara bukanya

  • tabrizi

    haloo.??
    oea maxsimal,,y brpa GB sih Gan..??

  • sGun

    3GB untuk Windows 32bit.

  • coco

    Tanya mas, acer 522 sama acer 4732 gravis nya bagus mana ya buat game HD? Saya punya acer 522, pingin tak tuker punya temen saya acer 4732 karena acer 4732 layarnya lbh lebar… cuma saya ragu di grafisnya, soalnya gravis di acer 4732 masih inter GMA 4500… Takutnya game2 yang sya suka tidak bisa booting di 4732.. makasih…. Mohon info nya gan?

  • Bagus R Yudhani

    Klu AO531 caranya gmna gan…???

  • iqbal

    gan izin copas ya.. buat pengalaman pertama membuka notebook ACER

  • sGun

    @coco
    game HD apa dulu nih?
    secara kalau netbook itu bukan untuk main game.. ;D
    saya pernah coba Quake4 di Intel GMA 4500HD kuat kok, tapi saya lupa apa settingan-nya..

    @bagus
    maaf, untuk itu saya belum pernah coba.

  • R. Aldi

    juragan mo tanya nih…. kalo netbook acer aspire one bisa di uprade vga ato ram?? pengen banget maen gem yg sekarang uyy. mohon pencerahannya

  • sGun

    kalo RAM sih bisa, tapi kalau VGA tidak bisa..

  • saroolsevenfold2

    Klo ganti pkek netbook laen bsa gak gan! :)

  • sGun

    maksudnya ganti netbook lain..?

  • nervile

    Gan mau tny, sya pake notebook Ao D225 mw upgrade ram buat Game online, recommend vga/ memori biar ga patah-patah pas maen pake merk ap trus brp Gb.
    Thanks’

  • sGun

    gamenya apa dulu, lihat minimum requirements di instalasi game nya..
    yang perlu diingat, seri AO adalah seri netbook, jadi tidak optimal untuk gaming, meskipun bisa..

  • Mariko

    Agan sudah pernah nyoba upgrade Ram jadi 4gb?

    Ada perubahan secara signifikan gak? atau ada problem gitu?

    Terus bagaimana cara mengganti Win7 32bit menjadi 64bit untuk netbok AO522 ini?

    Terima Kasih ya:D

  • sGun

    belum gan, karena saya tidak berminat untuk pakai OS 64bit..
    kalau pakai OS 32bit saya rasa tidak akan banyak pengaruh, beda cerita kalau pakai OS 64bit..
    kalau mau ganti ya tinggal install ulang aja ke windows 7 64bit.

  • geri

    gan mau nanya dong bedanya yang jetram sama engga apa yang? apa bentuknya atau apanya ? makasih hehe

  • Akbar

    Gan… saya pernah nanya Dr. Acer, Maksimal RAM untuk AO522 cuma 2GB, jangan dipaksakan ke 4GB walaupun bisa…
    Sekedar share aja gan… Oh yaa kalau memang nekat pake 4GB, pakenya yg 64bit biar maximal Memorynya terbaca…

  • Dadan

    saya gak ada photoshop acer zg5

  • inung

    gan s9un mau nanya dikit nih :
    1. untuk acer aspire one happy N570 (1,66Ghz) kalau di upgrade ram 4Gb (DDR3) dgn OS win8 pro, apakah ada impact? karena ane baca di web nya intel (http://ark.intel.com/products/55637/Intel-Atom-Processor-N570-1M-Cache-1_66-GHz) max ram cuman 2Gb. Need more info please!.

    2. Untuk resolusi screen untuk acer aspire one maximum brp? dgn OS win8 pro, screen ane max cuman smpe 1024×600 . kalau ada cara buat lebih maximum bisa di share gan.

    many thanks gan,

  • rams

    Gan ane pke acer aspire one d255e,ane mau upgread memori.. Bisa nambah vga ga? Ane mau pke game pes

  • moffu

    Gan ane ud ganti ram nya ke 2gb, tp ga mau booting., . Pas ane ganti lagi ke 1gb dia idup mau booting lagi,., . Kenapa ya gan ., . Mohon pencerahan nya,., .. :D

  • isal

    gan gua minta tutorial mengganti harddisk pada acer aspire one 725 send link donk

    al-gazali23@yahoo.com

    newbi

  • Achava

    thanks gan atas infonya

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

