Install Windows XP dan Driver di Compaq CQ40-116TU


Sebelumnya kita telah mencoba membuat CD Installer Windows XP yang dapat digunakan pada komputer/notebook yang menggunakan SATA AHCI interface.

Sekarang kita akan mencobanya secara langsung menggunakan contoh kasus terhadap notebook Compaq CQ40-116TU, kenapa terhadap Compaq CQ40-116TU? Karena kebetulan notebook ini yang pernah saya lakukan uji coba secara langsung… hehehe…🙂

Persiapan :
1.CD Installer Windows XP yang telah di-Slipstream.
2.Notebook Compaq CQ40-116TU.
3.Koneksi Internet untuk download driver.

Langkah-langkah :
1.Cek terlebih dahulu apakah kita dapat mematikan fitur SATA pada BIOS yang terinstall. Apabila bisa, maka kita dapat menginstall Windows XP hanya dengan mematikan fitur ini saja dan mengeset menjadi IDE. Jika tidak bisa, maka kita lanjutkan ke langkah berikutnya. (Pada Compaq CQ40-116TU keluaran awal, BIOS masih dapat diset menjadi IDE, hanya saja keluaran terakhir, setting ini telah dimatikan oleh produsen).
2.Set booting agar dapat berjalan dari CD/DVD Drive. Kemudian masukkan CD Installer Windows XP hasil Slipstream.
3.Lakukan penginstallan Windows XP seperti biasa sampai selesai.
4.Setelah itu, lakukan BIOS Flashing. File untuk flashing dapat di-download disini (2.507 KB). (Password : sGun).
Virus Free !!! Tested by :
Kaspersky Internet Security 2011, Database 2011-05-11
Avira AntiVir Personal, Database 2011-05-11

Kenapa kita harus melakukan flashing terhadap BIOS? Hal ini disebabkan karena adanya penguncian beberapa hardware yang dilakukan oleh BIOS agar hanya dapat dijalankan melalui Windows Vista. Maka dari itu, BIOS harus di-downgrade agar hardware dapat dideteksi oleh Windows XP.
PERHATIAN! Pastikan pada saat melakukan flashing BIOS anda telah menutup semua program yang dijalankan, termasuk AntiVirus (beberapa AntiVirus mendeteksi adanya virus/false alarm), dan baterai dalam keadaan penuh, atau bila perlu anda dapat menggunakan baterai + charger. Hal ini penting, karena kesalahan sekecil apapun pada tahap flashing BIOS dapat mengakibatkan rusaknya BIOS sehingga komputer tidak dapat digunakan lagi (mati total).
5.Setelah selesai lakukan penginstallan driver-driver untuk Compaq CQ40-116TU. List driver dapat dilihat dibawah.
6.Lakukan pengecekan terhadap semua fitur dari driver yang telah diinstall. Pastikan semua dapat berjalan dengan normal.
7.Selesai…

List Driver untuk Compaq CQ40-116TU :
Tersedia di situs Intel :
Driver Chipset Intel
Product : Intel(R) Chipset Device Software
Version : 9.0.0.1009
Target Chipset : Intel(R) 4 Series Chipset
Driver VGA Intel
Keywords : VGA_win2k_xp14363.exe

Tersedia di situs HP :
Driver WiFi
SOFTPAQ NUMBER: SP39912
Driver Bluetooth
SOFTPAQ NUMBER: SP32883
Driver TouchPad
SOFTPAQ NUMBER: SP38455
Driver Quick Launch Buttons
SOFTPAQ NUMBER: SP39425
Driver Modem
SOFTPAQ NUMBER: SP39689

Search di Google :
Driver LAN
REALTEK GbE & FE Ethernet PCI-E NIC Driver
Driver Card Reader
JMicron JMB38X Flash Media Controller
Dapat juga menggunakan driver Vista.
Driver Audio
Microsoft UAA Bus Driver for HD Audio
SOFTPAQ NUMBER : SP33867
IDT High Definition Audio CODEC
SOFTPAQ NUMBER : SP39671

Jika ditemukan hardware baru Arahkan ke hasil extract driver HDMI dan Audio CODEC-nya (biasanya di C:\SWSetup\SP39671\WDM\WinXP)
Jika Audio belum berfungsi, restart komputer dan install Microsoft hotfix KB888111.exe (ada di C:\SWSetup\SP39671\HDAQFE\xpsp2\us)

Finish…

Ini hanyalah tutorial, segala resiko dan kerusakan anda tanggung sendiri. Saya tidak bertanggung jawab terhadap segala akibat yang terjadi. Saya telah mencoba sendiri dan berhasil dengan tidak ada masalah.🙂


38 responses to “Install Windows XP dan Driver di Compaq CQ40-116TU

  • arthur

    mas gun.. saya dapat masalah nih dengan flas bios
    setalah saya jalankan program flas bios untuk compaq presario cq40-116tu laptop saya mati sendiri lalu saya nyalain lagi nggaada tampilan lagi, gimana mas apakah aa solusinya..tolong dong mas gun pada hal saya sudah ikutin langkah2nya…

    trima kasih

    arthur

  • sGun

    Pada saat melakukan flashing BIOS disarankan agar mematikan antivirus apapun yang sedang berjalan, karena ada kemungkinan antivirus mengganggu proses flashing.
    Yang ada nantinya malah antivirus tersebut membuat proses flashing gagal.
    Yang anda maksud disini laptop anda mati sendiri sebelum, selama, atau sesudah proses flashing?
    Setahu saya, laptop memang akan mati sendiri (restart) setelah program selesai melakukan flashing. Namun setelah itu laptop akan kembali booting dan menjalankan windows dengan normal, dan anda tinggal menginstall driver2 yang ada.
    Kemudian yang anda maksud ngga ada tampilan disini apa?
    Apakah laptop tidak bisa booting, atau bisa booting namun tidak dapat masuk windows?
    kalau bisa booting tapi tidak bisa masuk windows, solusinya coba install ulang windowsnya.
    Kalau laptop tidak bisa booting, kemungkinan anda melakukan kesalahan pada saat proses flashing berlangsung (seperti antivirus yang masih berjalan, proses flashing terhambat (power mati), dll). Untuk yang terakhir ini solusinya coba bawa ke teknisi yang dapat anda percaya agar masalahnya dapat diteliti lebih jelas, karena saya sudah pernah menangani 2 buah CQ40-116TU tapi tidak pernah terjadi masalah seperti ini.

    Thx.

  • bento

    bang sGun, makacih banget tutornya.
    saya sudah berhasil🙂
    cuman saya rada kesusahan waktu nginstal driver soundnya, gile ruwet banget yah kalo beli laptop yang polosan kaya gini.

    btw, itu kalo bisa driver2nya diupload sekalian disini ajah. Biar yang laen nda susah2 nyarinya, kemaren saya cari2 n donlot sendiri ampe lama bener.
    tapi ok lah, sekarang saya udah bisa pake laptop baru saya (beli pake duit celengan).
    sekali lagi makacih buanyakkk.😉

  • sGun

    Aduh, sama-sama, pengunjung senang saya pun senang…🙂
    Masalah driver, sepertinya agak susah diupload disini, mengingat space dan bandwith yang terbatas.
    Tapi akan saya pertimbangkan.

    Thx.

  • kadek

    mas..bisa kasi link2nya gk..biar tmen2 jg bisa wonlot lebih cpet.n ada penyeragaman yang kmi kerjain dgn hasil yang mas gun dapetin pake driver2nya.trims

  • sGun

    iya harap bersabar, ini drivernya sedang saya usahakan untuk kasi link nya untuk download…

  • Kresnik

    Saya ingin menanyakan soal PCI device driver. Saya sudah install semua driver yang tertulis, tetapi simbol driver untuk PCI device tetap tanda tanya. Bagaimana cara mengatasi hal ini?

  • sGun

    Mungkin anda mengalami kesalahan pada saat menginstall beberapa driver tertentu.
    Cobalah untuk menginstall driver secara berurutan seperti urutan diatas.
    Dan jangan lupa untuk melakukan BIOS Flashing terlebih dahulu sebelumnya.
    Karena jika tidak melakukan flashing sebelumnya, maka akan terdapat beberapa hardware yang tidak akan terdeteksi.

  • prayoga

    mas gun,
    jalanin flash BIOS nya itu under Windows XP nya yg baru kita instal atau dari mana? klo dari windows XP yg baru kita instal, berarti kita extract dulu ke flashdisk baru kita Run program nya ya?
    please masukan nya..
    thanks

  • sGun

    1.Install Windows XP yang sudah di-Slipstream.
    2.Flash BIOS.
    3.Install driver-driver sesuai urutan.😉

  • Rio

    saya punya compaq cq40-115au..
    trus pengen di ubah jd windows Xp..
    pake vista ga enak banget..
    gimana caranya?
    makasih sebelumnya..

  • prayoga

    mas gun,
    map klo blom mudeng ma Flash BIOS. Maksud nya cara Running Flash BIOS nya gimana?. langsung Running spt file installer aja atau ada cara khusus lagi.

    thanks

  • sGun

    @Rio
    Aduh, pada intinya tutorial ini buat mengatasi masalah instalasi Windows XP pada jenis notebook terbaru yang telah menggunakan SATA AHCI interface. Dimana pada saat kita melakukan penginstallan Windows XP tidak dapat berjalan dengan normal dan menjumpai BSOD. Untuk spesifik pada Compaq CQ40-115AU saya belum pernah mencoba. Tapi jika pada saat penginstallan Windows XP anda menemui gejala yang sama, mungkin tutorial ini juga dapat berlaku pada notebook tersebut. Dan untuk driver-drivernya mungkin juga berbeda.😉

  • sGun

    @prayoga
    Kalau untuk menjalankan Flash BIOS dobel klik pada file ‘WinFlash.bat’
    Nanti akan berjalan secara otomatis dan komputer akan restart sendiri kemudian booting secara normal.
    TOLONG BERHATI-HATI DALAM MELAKUKAN FLASHING. DAN BACA TUTORIAL NYA DENGAN TELITI😉

  • REO

    halu saya reo
    mau tanya setelah saya ikuti cara-cara mas diatas
    cq40-116tu saya sering blue sreen tolong bantu saya knp kok blue scren?

  • sGun

    Nah itu inti dari tutorial ini, yaitu mengatasi masalah blue screen yang timbul di CQ40-116TU dan menginstall drivernya.
    Jika anda baca lagi dengan teliti disini, BSOD timbul akibat ketidak mampuan Windows XP untuk bekerja dengan interface SATA AHCI yang tersedia pada Compaq CQ40-116TU.
    Maka dari itu diperlukan driver yang sesuai dengan chipset yang ada. Jika anda melakukan dengan benar langkah2 slipstream Windows XP yang ada di posting yang lalu, kemudian anda melakukan flashing pada BIOS dengan benar, maka BSOD tidak akan muncul.
    Coba lakukan langkah-langkah dari awal dengan teliti, karena sudah banyak juga yang berhasil dengan baik.😉

  • wie

    Thanks bro tutornya…Gw dah bisa instal XP di HP CQ-40 gw..thanks banget,,ilmu lo berguna banget…

  • sGun

    sama-sama…
    1 pembaca lagi terpuaskan…😉

  • beni setya

    saya takut jika terjadi kesalahan saat flashing bios. maksud mati totalnya apa nich? ko ngeri kayaknya.

  • sGun

    Pada intinya, yang dilakukan pada langkah flashing bios adalah melakukan format dan atau pengisian ulang chip bios yang ada di motherboard dengan firmware/program bios yang kita kehendaki.
    Pada beberapa kasus, proses ini tidak berjalan dengan mulus, sehingga menyebabkan program dalam chip bios tidak dapat dijalankan lagi. Dan parahnya lagi, biasanya bios yang tidak di-flash secara sempurna, tidak dapat di flash lagi alias menjadi rusak dan tidak dapat digunakan.
    Hal ini biasanya terjadi karena pasokan listrik yang kurang baik ke komputer, adanya program lain yang menghalangi proses flashing (biasanya antivirus), versi bios yang tidak kompatibel, dll.
    Nah, bios adalah hal yang terpenting dalam sebuah komputer. Program dalam bios akan di-load/baca pertama kali pada saat komputer dinyalakan. Jadi, apabila bios-nya saja rusak/tidak berfungsi, maka komputer pun tidak akan dapat jalan, alias mati.
    Meskipun KECIL, namun kemungkinan seperti diatas selalu ada dalam setiap proses flashing bios.
    Kalau anda takut, anda bisa bawa ke toko/teknisi komputer yang dekat dengan daerah anda, namun anda harus membayar lebih tentunya… ;P

  • AR1

    gimana carax mengupgrade kembali bios…??

  • sGun

    jika ingin kembali menggunakan vista, tidak perlu upgrade bios tetap bisa jalan normal dengan bios versi downgrade.
    jika ingin mengupgrade bios dengan versi terbaru, dapat dicari di situs resmi hp-compaq atau di google. maaf, karena disini tidak membahas tentang upgrade bios.

  • yoooo

    mas gun.. permasalah saya sama dengan arthur nih.. setelah di flash komputer shutdown…
    abis itu ga restart lagi… trus saya coba nyalain lagi.. eh malah blank ga ada respon apa apa lagi…
    tolongin donk.. japri juga ke email saya.. tq yah sebelumnya

  • sGun

    wah maaf, kalo masalah yang sama, jawaban saya juga sama…😀

    seperti yang anda lihat sendiri diatas, banyak juga yang sudah berhasil melakukannya sesuai dengan langkah-langkah yang telah saya berikan.
    belum termasuk ucapan terima kasih yang masuk ke email saya langsung… ^^

  • romi

    maz saya mita tolong instalin xp dunk saya gag ngerti neht…laptop compaq cq40 116tu…basecamp maz dmana

  • sGun

    wadow… sekarang saya sedang di Malang…
    kalo soal install XP, jika anda tidak yakin anda bisa, anda dapat membawa ke toko yang menerima servis, biasanya mereka bisa menginstallkan, biaya yang ditarik biasanya 50-150 ribu.

  • fire

    mas kalo untuk CQ40-411 apakah sama?

  • sGun

    maaf untuk CQ40-411 saya kurang tahu, karena saya coba cari spesifikasinya saya belum dapat menemukannya.
    namun yang pasti, beberapa driver pasti berbeda, karena tidak mungkin dua tipe yang berbeda memiliki spesifikasi yang sama.
    dan tutorial disini hanya untuk CQ40-116TU, karena telah saya uji sendiri dan berhasil.

  • Robert Aria

    Great Job. Xp Pro udah bisa di instal. hanya masalahnya driver sata ahci nya saya ambil dari hp.com langsung. karena driver dari mas ga bisa saya pakai ketika install. Patching bios juga bisa dan ga ada masalah. Thank’s Bro

  • sGun

    Untuk driver SATA AHCI nya sudah saya update !
    thanks… ^^

  • yudha

    mas kalo Cq 40 311TU gmana?? Bisa Takdriver ini dipakai??
    Trus mas jujur rada ngeri nich buat flass bios ada cara lain tak?kalo ada gmana caranya??

  • sGun

    Untuk bagian yang sama mungkin drivernya masih bisa dipakai, tapi untuk yang lain saya tidak jamin bisa. untuk detilnya coba cek di website resmi Compaq.

    Kalau untuk flash bios, ini satu2nya jalan yang saya tahu… Yah, kalau resiko sih memang besar, kalau tidak berani, coba bawa ke teknisi saja. ^^

  • LiaOCT

    Mas, mo tanya ne… Laptop Aq kan HP Compaq CQ40 116 TU terus kok g’ bisa diinstal ma XP ya…
    Katanya kalo instal XP ke Compaq tuCh sulit… bener g’ se…..

  • Surya Triwijaya

    Maaf mas.. cara diatas bisa digunakan untuk cq 35-109tu ga ya??

  • sGun

    hampir untuk semua laptop compaq yang menggunakan fitur SATA dan di lock BIOS nya dapat menggunakan teknik yang sama.
    hanya saja drivernya yang berbeda.

  • Langkah-Langkah Install Driver CQ40-116TU di Windows XP | sGun

    […] yang sudah saya jelaskan sebelumnya di Install Windows XP dan Driver di Compaq CQ40-116TU, pastikan anda telah menginstall Windows XP yang telah di […]

Leave a Reply

